Pengolahan Limbah Industri Tekstil E.T.P

Limbah Tekstil ke Sungai Citarum Wajib Didaur Ulang

BANDUNG, KOMPAS.com – Bupati Bandung Dadang Naser mengimbau pengusaha tekstil, khususnya yang berasal dari Korea Selatan, untuk memperlakukan industrinya seperti di negara asalnya.

Misalnya, pengolahan air agar tidak menjadi limbah dan mencemari Sungai Citarum.

“Banyak pengusaha tekstil yang berasal dari Korea Selatan. Saya mohon pengusaha tekstil dari Korea Selatan memperlakukan industrinya seperti di negara asalnya. Di sana, air limbah didaur ulang sebelum dibuang ke sungai,” kata Dadang ketika ditemui di Soreang, Jumat (28/9/2012).

Tak hanya pengusaha asal Korea Selatan, lanjut Dadang, tapi semua pengusaha yang memiliki pabrik di Kabupaten Bandung harus mendaur ulang limbahnya.

“Sebelum dibuang ke sungai, air harus didaur ulang. Pengusaha harus sadar itu,” ujarnya.

Dadang yakin, tidak semua pengusaha industri asal negara lain yang membuang limbah. Dadang menuturkan, perilaku masyarakat di sekitar pabrik terkadang melakukan provokasi.

Soal perilaku warga di sekitar lokasi pabrik inilah, papar Dadang, yang akan dibenahi Pemkab Bandung.

“Harus ada kesadaran dulu dari masyarakatnya, namun ini justru yang berat. Sampah dari masyarakat justru tidak kecil, mencapai 60 persen (dari keseluruhan sambah di Kabupaten Bandung). Nah, kita harus duduk bersama, terutama dengan warga yang tinggal di sekitar Sungai Citarum,” sarannya.

Menurut Dadang, Korea Selatan memiliki sungai kotor pada 1985. Kotornya sama dengan Sungai Citarum sekarang.

Namun, berkat kerja keras pemerintah dan kesadaran masyarakat Korea Selatan yang tinggi, sungai-sungai di Korea Selatan kembali bersih hanya dalam waktu lima tahun.

Kunjungan Dadang Naser ke Korea Selatan beberapa hari lalu, sebagai balasan atas kunjungan Pemerintah Goseong, Korea Selatan ke Kabupaten Bandung.

Kedua daerah ini bekerja sama dan membangun sister city. Kerja sama yang ingin dilakukan Pemkab Bandung dan Korea Selatan, jelas Dadang, di antaranya di bidang pertanian dan olahraga.

Sumber : Tribun Jabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s