Boiler (steam generator)

Sebuah generator boiler atau uap adalah alat yang digunakan untuk membuat uap dengan menerapkan energi panas ke air. Meskipun definisi yang agak fleksibel, dapat dikatakan bahwa generator uap tua yang biasa disebut boiler dan bekerja di rendah untuk tekanan menengah (1-300 psi/0.069-20.684 bar; 6.895-2,068.427 kPa) tetapi, pada tekanan di atas ini, ini lebih biasa untuk berbicara tentang generator uap.

Sebuah generator boiler atau uap digunakan di mana pun sumber uap diperlukan. Bentuk dan ukuran tergantung pada aplikasi: mesin uap mobile seperti lokomotif uap, mesin portabel dan bertenaga uap jalan kendaraan biasanya menggunakan boiler yang lebih kecil yang membentuk bagian integral dari kendaraan, mesin uap stasioner, instalasi industri dan pembangkit listrik biasanya akan memiliki fasilitas uap lebih besar terpisah menghasilkan terhubung ke titik-penggunaan-oleh perpipaan. Sebuah pengecualian adalah bertenaga uap lokomotif tanpa api, di mana uap yang dihasilkan secara terpisah-ditransfer ke penerima (tangki) di lokomotif.

Steam generator (component of prime mover)

Generator uap atau boiler merupakan komponen integral dari mesin uap ketika dianggap sebagai penggerak utama, namun perlu diperlakukan secara terpisah, karena sampai batas tertentu berbagai jenis generator dapat dikombinasikan dengan berbagai unit mesin. Boiler menggabungkan tungku atau tungku untuk membakar bahan bakar dan menghasilkan panas, panas pada awalnya ditransfer ke air untuk membuat uap, ini menghasilkan uap jenuh pada temperatur uap jenuh semangat yg meluap-luap yang dapat bervariasi sesuai dengan tekanan di atas air mendidih. Semakin tinggi suhu tungku, semakin cepat produksi uap. Uap jenuh sehingga dihasilkan kemudian dapat baik digunakan segera untuk menghasilkan listrik melalui turbin dan alternator, atau mungkin lebih super panas ke suhu yang lebih tinggi, ini terutama mengurangi kadar air ditangguhkan membuat volume tertentu uap menghasilkan karya lebih banyak dan menciptakan lebih besar gradien suhu dalam rangka untuk melawan kecenderungan untuk kondensasi karena tekanan dan drop panas yang dihasilkan dari kerja ditambah kontak dengan dinding yang lebih dingin dari bagian uap dan silinder dan kawat-gambar efek dari cekikan di regulator. Setiap panas yang tersisa dalam gas pembakaran kemudian dapat dievakuasi baik atau dibuat untuk melewati sebuah economiser, peran yang untuk menghangatkan air umpan sebelum mencapai boiler.

sumber:Wikipedia

2 thoughts on “Boiler (steam generator)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s